Aki Mobil Mudah Rusak? Cari Penyebabnya dan Ikuti Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini

Aki merupakan salah satu bagian penting untuk menggerakkan kendaraan yang menggunakan mesin,  baik itu sepeda motor maupun mobil. Tak banyak yang mengetahui bagaimana cara merawat aki yang baik agar mampu bekerja secara maksimal yakni mampu menyuplai serta menstabilkan aliran listrik pada mobil kita.

Tips Merawat Aki Mobil

Tips Merawat Aki Mobil


Agar aki kita selalu terjaga keawetannya, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda perhatikan;

Baut pengikat aki

Beberapa cara yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan pengikat aki. Aki selalu terpasang atau terikat pada bagian body kendaraan karena untuk menahan aki agar tidak bergerak. Oleh sebab itu, yang harus diperhatikan adalah baut pengikat aki agar selalu kencang. Untuk penempatan aki sendiri peletakannya berbeda-beda tergantung dari jenis mobilnya. 

Untuk mobil-mobil pribadi, aki biasanya terpasang kuat pada bagian dalam ruang mesin, beda halnya pada mobil-mobil truk atau pick-up yang posisi akinya bisanya terpasang pada bagian luar kendaraan.


Suhu Aki

Suhu aki adalah hal lain yang harus kita ketahui, baik aki dengan tipe konvensional atau Maintenance Free. Aki sendiri membutuhkan suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi, tujuannya adalah agar proses penguapan bisa seminimal mungkin. Jika suhu terlalu tinggi maka cairan pada api akan memanas dan kemudian menguap. Hal ini akan membuat distribusi aliran listrik terganggu.


Kebersihan Aki

Menjaga kebersihan kutub aki memang harus dilakukan agar tidak dipenuhi oleh jamur yang berasal dari debu serta kotoran-kotoran. Kotoran yang masuk akan sangat mengganggu arus listrik pada kutub aki. Sheingga kutub aki harus selalu dibersihkan dengan menggunakan air panas dan juga lap kering.


Kecukupan air aki untuk model aki basah

Air aki yang masih perlu untuk dilakukan isi ulang berupa air demin, ini khusus untuk aki basah, harus selalu dilihat ketersediaan air. Jika lengah sebentar saja, dan air habis maka akan mengurangi kemampuan untuk menyimpan arus listrik.

Matikan fitur-fitur penunjang sebelum mematikan mobil adalah hal yang penting dilakukan. Banyak sekali yang melupakan hal ini. Jika mobil dimatikan sedangkan perangkat belum dimatikan, maka aki tidak akan terisi secara sempurna karena ketika akan menyalakan kembali mobil tersebut maka daya yang dibutuhkan tidak bisa memenuhi.


Baca juga:
Hantu Lokal Sudah Terlalu Mainstream, Ini Daftar Hutan Paling Berhantu di Inggris
Belajar Membaca Karakter Seseorang Dari Cara Berbicara

Belum ada Komentar untuk "Aki Mobil Mudah Rusak? Cari Penyebabnya dan Ikuti Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini"

Posting Komentar

Dompet Digital Terbaik di Indonesia, Siapa Yang Paling Populer?

Dompet digital adalah aplikasi penyimpanan uang digital yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Tanpa uang dan kartu fi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel