Blog ini disponsori oleh :

Quotex Broker : Platform Investasi Cerdas Untuk Orang Cerdas 

Fakta Unik Seputar Mangga Irwin, Mangga Manis Berwarna Ungu

 Jika kita bicara tentang mangga, biasanya buah tropis ini mempunyai warna kulit hijau ataupun oranye. Tetapi saat ini terdapat mangga yang tengah hits dengan kulitnya yang cantik berwarna ungu cerah.

Orang mengenal mangga eksotis dengan sebutan mangga irwin. Kulit buahnya berwarna ungu terang. Mangga irwin ini sukses menarik atensi para pencinta buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini.

Bukan cuma menawan, mangga irwin ini juga mempunyai rasa yang lezat dan juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang tertarik serta penasaran dengan mangga yang berasal dari Australia ini.

Seperti dilansir dari food.detik.com, ada beberapa fakta unik  seputar mangga irwin yang berwarna ungu cerah ini. Dan menariknya, mangga Irwin ternyata juga dapat dibudidaya di Indonesia lho

Fakta Unik Seputar Mangga Irwin, Mangga Manis Berwarna Ungu


1. Berasal dari Australia

Mangga irwin yang memiliki nama latin Magnifera Indica ini merupakan varietas mangga yang berasal dari Australia. Berbeda dengan mangga lain yang biasanya mempunyai kulit berwarna hijau ataupun kuning, mangga irwin memiliki warna merah sampai ungu.

Walaupun diketahui sebagai varietas mangga dari Australia, tetapi sesungguhnya mangga ini pertama kali dikembangkan di Florida Selatan. Tumbuhan mangga ini awal ditanam pada 1939 di Miami hingga kemudian pertama kali dipanen pada 1945. Mangga ini mulai dikenal pada 1949, dan bibit tumbuhan ini disebarluaskan ke berbagai wilayah hingga ke mancanegara.

Mulai tahun 1970- an, mangga irwin mulai berkembang serta berbuah di berbagai negera seperti Jepang, Taiwan serta Australia. Di negara Kanguru ini, budidaya mangga irwin berkembang dengan baik sehingga tidak heran banyak orang yang mengira mangga ini asli dari Australia


2. Karakteristik mangga irwin

Warna ungu yang dimiliki mangga Irwin berasal dari tingginya kandungan zat antosianin. Mangga ini sejatinya tetap memiliki klorofil; penghasil warna hijau pada tanaman, tetapi dalam jumlah sangat sedikit.

Mangga ini memiliki bentuk pangkal yang bundar serta sedikit meruncing pada bagian ujungnya. Permukaan kulitnya halus serta lembut. Ukurannya buah ini lumayan besar, satu buah mangga irwin dapat mencapai berat 500 gr.

Mangga irwin telah memiliki warna merah keunguan semenjak masih berukuran kecil. Dan semakin besar ukuran mangga hingga warnanya akan semakin ungu cerah. Susunan kulitnya juga akan lambat- laun nampak mengilap.


3. Rasa buah

Daging buah mangga irwin berwarna kuning terang hingga oranye pada saat telah masak. Aromanya manis segar dengan rasa yang sangat manis.

Mangga irwin mempunyai daging buah yang padat serta berserat halus. Mangga ini lezat dimakan langsung, dijadikan kombinasi salad maupun diolah jadi minuman. Daging buah mangga ini tebal sebab mempunyai biji yang tipis serta kecil.

Mangga irwin juga cenderung agak bertepung, ini menunjukkan jika mangga memiliki pati yang besar. Mangga irwin dapat dimakan dalam kondisi separuh matang ataupun matang penuh

.

4. Manfaat kesehatan

Buah mangga irwin bukan cuma diburu karena tampilannya yang menawan, tetapi juga karena manfaat kesehatan yang besar. Mangga ini memiliki nutrisi, zat besi sampai antioksidan yang dapat melindungi kesehatan sekaligus mencegah bermacam penyakit.

Mangga irwin diketahui ampuh menyembuhkan diabetes melitus, melindungi kesehatan tulang sampai menanggulangi anemia. Banyak yang tidak yakin jika buah luar biasa manis ini dapat menyembuhkan diabet tetapi ini dibuktikan dengan isi flavaniod dan antosianin.

Vitamin D yang berlimpah pada buah ini pula membantu melindungi kesehatan tulang serta gigi. Terdapat pula kandungan zat besi yang membantu menangani anemia ataupun kurang darah. Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil serta kanak- kanak.


5. Harga dan metode budidaya

Di pasaran, mangga irwin masih terbilang sangat jarang jadi tidak heran jika harganya masih sangat mahal. Perkilo buah mangga irwin dibanderol mulai Rp 120. 000.

Di Indonesia sendiri telah banyak petani serta warga yang membudidayakan mangga irwin. Bibit tumbuhan mangga ini banyak dijual di penjual tanaman maupun di web online dengan harga bervarian mulai Rp30. 000- Rp 50. 000 per batang bibit.

Tumbuhan mangga irwin dapat berkembang di dataran rendah dengan iklim cuaca yang panas. Tumbuhan diprediksi dapat menciptakan buah sehabis umurnya 3- 4 tahun. Periode panen mangga irwin umumnya berlangsung pada bulan Juni sampai Juli.

Nah demikian fakta unik seputar mangga Irwin, semoga dapat menambah wawasan.


Baca juga: 
Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga Gedong Gincu, Persyaratan Tumbuh dan Cara Budidaya

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Seputar Mangga Irwin, Mangga Manis Berwarna Ungu"

Posting Komentar

Keuntungan dan Kerugian Day Trading

Apakah yang dimaksud dengan day trading dan apakah keuntungan dan kerugian day trading? Yang dimaksud dengan day trading adalah proses perda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel