Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Asal tanaman mangga 

Mangga merupakan buah yang populer di semua kalangan. Buah mangga pertama kali ditemukan di sekitar perbatasan India - Burma, oleh Alexander Agung pada abad ke IV atau ke V sebelum masehi. Tanaman mangga yang tumbuh di Indonesia diperkirakan juga berasal dari India.

Pohon mangga termasuk dalam jenis tumbuhan berkayu dan biasanya dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 5 meter. Pohon mangga memiliki daun yang berwarna kemerahan, keunguan, atau kekuningan ketika masih muda dan akan berubah menjadi hijau mengkilat saat sudah tua. 


Bentuk daun pohon mangga

Bentuk daun pohon mangga ada berbagai macam, tergantung jenis varietasnya; ada yang berbentuk lonjong dengan ujung daun seperti mata tombak, ada yang berbentuk bulat telur dengan ujung yang juga seperti mata tombak, dan ada juga yang berbentuk segiempat dengan ujung membulat


Bentuk buah mangga

Bentuk buah mangga juga berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Ada buah mangga yang berbentuk bulat, bulat telur, maupun lonjong. Umumnya, buah mangga memiliki panjang kurang lebih 10 cm, namun ada pula varietas mangga yang mencapai panjang 25cm. Buah mangga memiliki kulit buah yang agak tebal. Warna buah ketika belum masak yaitu hijau dan akan berubah menjadi kuning dan atau kemerahan ketika sudah matang.

Mangga memiliki daging buah berwarna kuning dengan tekstur yang lembut dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki aroma yang harum. Mangga memiliki biji buah yang berada di tengah-tengah daging buah berwarna putih, gepeng dan seperti berkayu.


Jenis-jenis mangga di Indonesia

Seperti dikutip dari higaragro.com, ada beberapa jenis mangga unggulan yang ada di Indonesia, mari kita bahas satu per satu. 


Mangga Alpukat

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Disebut mangga alpukat karena cara memakannya mirip dengan makan alpukat, yaitu dengan dibelah di bagian tengah, kemudian daging buahnya dikeruk menggunakan sendok makan. Mangga alpukat memiliki tekstur daging buah yang lebih halus dibandingkan dengan jenis mangga lainnya, dan memiliki citarasa buah yang sangat manis, mirip dengan rasa buah mangga arum manis.  yang membedakannya adalah mangga alpukat memiliki kadar air yang lebih rendah dibandingkan dengan mangga arum manis.  


Mangga Arumanis.

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga arumanis merupakan mangga yang cukup populer dan menjadi idola masyarakat. Mangga arumanis memiliki kualitas yang  tidak kalah dengan mangga impor. Salah satu keunggulannya terletak pada ukuran bijinya (pelog) yang kecil dan daging buahnya yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis mangga pada umumnya.

Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi, mangga arumanis menawarkan citarasa buah yang sangat manis dengan aroma harum yang khas.


Mangga Chokanan

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga chokanan memiliki keistimewaan yaitu dapat berbuah tanpa mengenal musim. Mangga chokanan bisa berbuah hingga 3 kali dalam setahun. Buah mangga chokanan memiliki bentuk lonjong asimetris, berukuran sedang dan meruncing pada bagian ujungnya, bobot buahnya sekitar 300 – 400 gram/buah. Daging buah  mangga chokanan berwarna kuning kemerahan, bertekstur halus, dan beraroma harum.

Mangga chokanan memiliki citarasa manis dan legit. Bahkan saking manisnya, mangga chokanan ini mendapatkan julukan sebagai “Mangga Madu”.


Mangga Emperor

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga emperor merupakan varietas mangga unggulan yang berasal dari Taiwan, namun banyak dibudidayakan oleh para petani Thailand. Mangga Emperor mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis mangga manapun. Ukuran buahnya yang besar menjadikannya sebagai mangga jumbo unggulan. Warna kulit buahnya merah menyala dan sangat eksotis. Daging buah tebal, biji tipis dengan rasa manis segar menjadi kelebihan lainnya. Mangga Emperor sangat cocok ditanam di dataran rendah dan dapat tumbuh di dataran tinggi.

Keunggulan lain dari mangga emperor terletak pada ukuran buahnya yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah mangga pada umumnya. Berat satu buahnya saja bisa mencapai 3 kg.


Mangga Garifta Merah

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga garifta merah merupakan mangga lokal unggulan yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Secara fisik, mangga garifta merah memiliki penampilan buah yang sangat eksotik dan hampir sama seperti mangga emperor. Bagaimana tidak? mangga garifta merah memiliki kulit buah perpaduan antara warna merah, kuning, dan hijau yang membentuk sebuah gradasi. Selain itu, citarasa yang ditawarkan oleh mangga jenis ini juga sangat manis dan menyegarkan.

Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa mangga garifta merah mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Secara fisik, buah mangga ini berbentuk sedikit lonjong, panjangnya sekitar 14 – 17 cm dengan ujung buah yang membentuk paruh. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, memiliki tekstur yang lunak, dan sedikit berserat dengan aroma khas buah mangga yang sangat tajam.

Tinggi pohon mangga garifta merah relatif pendek sekitar 2-3 meter saja. Hal ini tentu saja menjadi sebuah keunggulan tersendiri karena dapat memudahkan saat proses pemanenan atau pemetikan buah.


Mangga Yuwen.

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga yuwen memiliki tampilan fisik seperti mangga garifta merah yakni berwarna kuning, merah, dan sedikit warna hijau ketika matang. Yang membedakan adalah warna merah pada mangga yuwen cenderung lebih cerah. Mangga yuwen memiliki daging buah yang tebal dengan ukuran biji yang relatif kecil dan tipis sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang mengkonsumsi buah mangga ini.

Mangga yuwen menawarkan sensasi rasa buah yang manis dan bertekstur lembut dengan kandungan air yang cukup banyak. 


Mangga Gedong Gincu

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga gedong gincu memiliki kulit buah berwarna hijau saat masih muda, dan akan berubah menjadi gradasi warna kuning dan merah saat sudah matang. Buah mangga gedong gincu memiliki kulit yang sangat tipis dengan bentuk buah yang bulat tanpa lekukan. Daging buahnya berwarna kuning dan bertekstur kenyal dan memiliki kandungan air yang banyak. Mangga gedong gincu memiliki sangat manis dan lezat


Mangga Irwin

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga Irwin dikenal karena memiliki warna kulit buah yang berbeda. Jika kebanyakan buah mangga memiliki kulit buah yang berwarna hijau, kuning, atau merah. Mangga irwin mempunyai warna kulit buah yang bisa dibilang cukup unik, yakni berwarna ungu saat sudah matang. Mangga irwin juga dikenal memiliki ukuran buah yang cukup besar dan bisa mencapai 0,8 kg/buah.

Mangga Irwin memiliki bentuk oval, daging buah berwarna orange kekuningan, sedikit berair, bertekstur lembut, dan memililiki rasa yang sangat manis serta sedikit asam. Meskipun sedikit masam, buah mangga irwin akan tetap memanjakan lidah saat dikonsumsi. 


Mangga Kiojay

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga Kyojai berasal dari Thailand dan merupakan varietas buah mangga unggulan yang terkenal karena memiliki ukuran buah yang sangat fantastis.  Berat satu buah mangga Kyojai mencapai 2 kilogram. Hal inilah yang membuat mangga kyojai dijuluki "mangga raksasa"  

Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, buah mangga kiojay ini hanya memiliki biji yang berukuran kecil sehingga secara otomatis daging buahnya juga menjadi lebih tebal. Selain itu, daging mangga kiojay memiliki daging buah dengan tekstur sangat lembut dan beraroma harum. Citarasa buah yang ditawarkan juga sangat manis dan menyegarkan karena memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.


Mangga Madu

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga madu memiliki citarasa buahnya yang sangat manis seperti madu. Bahkan rasa manis yang ada pada buah mangga madu sudah muncul sejak buahnya belum matang sempurna alias masih mentah. Hal ini yang membuat mangga madu menjadi istimewa dibanding jenis mangga lainnya.

Meskipun ukuran buahnya tidak sebesar mangga koijay, akan tetapi mangga madu memiliki daging buah yang tebal dan hanya memiliki biji (pelok) yang bisa dibilang cukup kecil. Tekstur daging buah mangga madu juga sangat lembut, tidak berserat, dan memiliki kandungan air yang melimpah.


Mangga Mahatir.

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Tidak kalah dengan mangga Kyojai, inilah mangga mahathir, yang juga memiiki ukuran jumbo. Mangga mahathir bahkan bisa mencapai berat  2,5 – 3 kg/buah. Dan tentunya lebih besar daripada mangga kiojay yang hanya bisa mencapai 2 kg saja.  Selain memiliki ukuran buah yang besar, mangga mahatir juga dikenal karena bentuk buahnya yang bisa dibilang cukup unik dan berbeda dengan jenis mangga pada umumnya.

Pada bagian ujung buahnya berbentuk seperti paruh burung yang sangat lancip. Daging buah mangga mahatir menawarkan sensasi rasa yang manis, bertekstur lembut dan tanpa serat. Kandungan air di dalam daging buahnya juga sangat banyak sehingga akan sangat menyegarkan jika dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.


Mangga Manalagi

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Mangga Manalagi merupakan jenis buah mangga kebanggaan warga Situbondo, Jawa Timur. Mangga manalagi memiliki keunggulan yang terletak pada daging buahnya yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis mangga pada umumnya.

Selain itu, buah mangga manalagi mempunyai citarasa buah yang manis dan beraroma harum saat sudah matang. Tingkat kemanisan dari mangga jenis ini sering disetarakan dengan tingkat kemanisan yang ada pada buah mangga arumanis. Saat dikunyah, tekstur daging buahnya yang lunak serta berserat lembut pasti akan langsung memanjakan lidah.

Demikian informasi tentang Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler, semoga dapat menambah perbendaharaan wawasan kita tentang jenis jenis mangga.

Sampai berjumpa di artikel yang lain.


Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel