Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Memilih Bidang Bisnis Yang Paling Sesuai

Dalam menentukan langkah awal sebuah bisnis, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan. Apabila kita berencana untuk melakukan bisnis jangka panjang, tentu kita harus melakukan perencanaan yang terorganisir dan terukur. Ada beberapa tips yang bisa kita pikirkan sebagai awalnya :

Memilih Bidang Bisnis Yang Paling Sesuai


1. Pilihlah bisnis berdasarkan kegemaran

Mengapa hal ini yang pertama kali harus kita lakukan? Ingat, bisnis jangka panjang membutuhkan persistensi dan resistensi yang lebih tinggi. Pasti di tengah jalan, hambatan akan banyak bermunculan baik itu dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar.  Bisnis yang lahir dari hobi akan lebih awet dan tahan terhadap berbagai factor penghambat.

Apakah ini berarti kalau menjalankan bisnis tanpa hobi itu tidak bagus? Tidak selamanya demikian. Hanya akan lebih baik apabila berdasarkan hobi karena kreatifitas akan lebih banyak berkembang.


2. Pilih berdasarkan karakter

Pemilihan karakter yang saya maksudkan disini yaitu apakah bisnis yang sedang dijalankan ini memiliki kecocokan atau corak yang sama dengan corak kita. Missal sebagai seorang yang sibuk bekerja di kantor dari pagi sampai sore dan hanya memiliki sedikit waktu luang saja dan ingin memulai usaha tapi “ingin tahu beres” saja maka franchise adalah bisnis yang cocok. Sistem sudah disediakan, pegawai dan training pun sudah disediakan. Yang dilakukan seorang franchisor yaitu mencari lokasi yang tepat dan menyiapkan outlet yang sesuai.


3. Analisa kemampuan

Yaitu analisa kebutuhan untuk menjalankan usaha ini. Faktor-faktor usaha apa saja yang harus ada dan harus disediakan.dengan mempertimbangkan hal ini kita akan terhindar dari bisnis model “ikut-ikutan”.


4. Balik Modal/ BEP

Yang terakhir ini yang penting yaitu mencari tahu berapa lama yang waktu yang diperlukan untuk mencapai titik impas sebagai tolak ukur kita dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang bagus pasti memiliki jangka waktu yang relevan antara besar modal yang diperlukan dan jangka waktu Break Event Point/ BEP.


Baca juga:
Membangun Bisnis Yang Tangguh
Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Jual Beli

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak