Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

6 Hal Dasar Yang Harus Anda Siapkan Untuk Berbisnis Online

Dengan semakin mudahnya akses internet, menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal yang kecil. Bahkan anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal. Tetapi kenyataan saat ini banyak sekali pesaing yang akan anda temui ketika menjalankan bisnis melalui media online. Dengan kata lain membangun bisnis online tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, anda harus memiliki strategi, kreatif, terus belajar, fokus, konsisten dan pantang menyerah supaya dapat bertahan dan mencapai kesuksesan.

Sebelum anda memulai menjalankan bisnis online, terlebih dahulu haruslah menyiapkan beberapa hal dasar agar anda bisa meminimalisir masalah yang akan ditemui ketika sudah menjalankan bisnis ini. Ada enam hal dasar yang harus anda siapkan ketika anda akan berjuang dalam menjalankan bisnis agar mencapai keuntungan yang maksimal. 

6 Hal Dasar Yang Harus Anda Siapkan Untuk Berbisnis Online


Perlengkapan Komunikasi

Terlebih dahulu anda harus memiliki gadget yang modern (smartphone, laptop). Gadget ini akan memudahkan anda untuk berhubungan secara online dengan pelanggan atau anggota bisnis dengan lebih dekat dan berkomunikasi bersama mereka.


Media Promosi

Keberadaan marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak banyak membantu para penjual untuk memasarkan produknya. Namun, hal tersebut bukan tanpa kelemahan, karena tingkat persaingan di marketplace menjadi sangat berat, terlebih ketika penjual memasarkan produk yang sama dengan penjual yang lain.

Jika Anda ingin menghindari persaingan yang sampai berdarah-darah, Anda dapat membuat website sendiri. Kegunaan dari website ini adalah sebagai investasi buat anda dalam memasarkan bisnis. Anda bisa menaikkan trafik/pagerank website anda, supaya banyak orang yang mengetahui dan berkunjung melihat bisnis yang anda jalankan. Dan di website tersebut, Anda bebas menentukan harga sendiri tanpa takut bersaing dengan penjual lainnya.


Alamat dan Telpon

Ketika anda memulai bisnis anda, jangan lupa cantumkan alamat atau nomor telepon, hal ini akan memudahkan para konsumen menghubungi anda jika mereka tertarik melakukan transaksi.


Tampilan produk yang menarik

Pasang foto jasa atau barang yang akan anda jual. Ini akan memudahkan para konsumen untuk melihat contoh barang yang dijual. Memasang foto haruslah sesuai dengan jasa atau produk yang dijual, supaya menghindari kekecewaan dan rasa tidak puas terhadap produk yang sudah dibelinya.


Media Promosi Online

Sosial media seperti facebook, Twitter, Tiktok , Instagram adalah media yang sangat kuat dalam mempromosikan bisnis online anda. Disinilah tempatnya kita bisa menjangkau audiens dan berinteraksi dengan mereka. Dari sosial media kita mengharapkan respon baik terhadap bisnis yang kita kelola.

Selain itu Anda dapat memanfaatkan Forum Jual Beli. Anda bisa mempromosikan dan mengoptimalkan produk atau jasa dengan memasang iklan di forum jual beli. Selain FB, twitter,  ternyata Forum Jual Beli banyak juga dikunjungi orang-orang dalam mencari kebutuhan yang mereka inginkan.


Rekening Bank Penampung

Jangan lupa anda mencantumkan nomor rekening bank anda, ini akan memudahkan para pelanggan melakukan transaksi, jika mereka sudah tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dijual.

Demikian 6 hal dasar yang Anda harus persiapkan jika ingin memulai bisnis online. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Ambil Alih Kontrol Keuangan Kita Sendiri, Sebelum Hidup Kita Dikontrol Oleh Kondisi Keuangan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak