10 Cara Aman Berbelanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Konten [Tampil]

Kita semua tahu, sejak beberapa tahun yang lalu, modus penipuan via sms sangat marak mulai dari undian berhadiah, mama minta pulsa dan masih banyak lagi. Sudah tidak terhitung lagi korban penipuan melalui sms bahkan sampai sekarang pun modus tersebut masih tetap ada. Namun karena masyarakat sudah banyak yang tahu tentang modus ini, maka lambat laun aksi-aksi sms penipuan semakin tidak menjanjikan lagi bagi para sindikat penipu untuk melakukan aksinya. Meski demikian bukan berarti mereka pensiun apalagi bertaubat.

Berhati-hatilah karena mereka kini muncul kembali dalam bentuk lain yang serupa tapi tak sama yaitu penipuan melalui dunia maya atau internet. Penipuan ini berkedok toko online dimana barang yang dijual berupa laptop, handphone, kamera dengan harga miring. Dengan gaya yang sangat meyakinkan mereka mencoba meyakinkan para calon korbannya bahwa toko mereka dapat di kunjungi langsung.

Modus mereka dengan menyuruh korban melakukan deal terlebih dahulu melalui sms, setelah itu baru mereka memberikan nomor rekening kepada calon korbannya dan bukti pengiriman mereka posting atau kirimkan ke e-mail atau facebook korban mereka tersebut dan selama proses transaksi mereka siap memandu cara-cara transaksi sesuai dengan yang mereka inginkan.


10 Cara Aman Berbelanja Online

Harus kita akui, belanja secara online saat ini memang menjadi trend karena kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan. Kini berbelanja apa saja bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Bagi anda yang suka berbelanja secara online, tetaplah berhati-hati karena kasus kejahatan dengan modus toko online palsu sering terjadi.
Cara Aman Berbelanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Tidak jarang begitu anda mentransfer sejumlah uang sesuai harga barang, pelaku tidak pernah mengirimkan barang yang anda pesan atau barang yang anda terima adalah barang palsu atau barang bekas karena pada dasarnya mereka memiliki modus menipu. Selain dari kasus penipuan, ibaratnya membeli kucing dalam karung, pembeli online juga sering kecewa setelah melakukan transaksi karena barang yang dibeli tidak sesuai atau harga mahal yang sudah terlanjur dibayar.

Nah, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan di dunia maya, berikut 10 Cara Aman Berbelanja Online agar Terhindar dari Penipuan

1. Pilih Toko Online yang Terpercaya

Langkah pertama untuk berbelanja online dengan aman adalah memilih toko online yang terpercaya. Cari informasi mengenai reputasi toko online tersebut melalui teman atau review konsumen di media sosial. Pastikan toko online yang dipilih memiliki alamat yang jelas, nomor telepon tetap, dan sudah lama beroperasi secara online. Toko online dengan ekstensi co.id juga dapat menjadi pertimbangan karena milik perusahaan yang telah memiliki badan hukum.

2. Teliti Syarat dan Ketentuan

Sebelum melakukan transaksi, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di toko online tersebut. Perhatikan kebijakan pengembalian barang dan privasi data pribadi. Pastikan juga bahwa ada garansi pengembalian barang jika barang yang diterima cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan. Periksa juga siapa yang bertanggung jawab atas biaya pengembalian barang.

3. Cari Situs yang Sudah Menggunakan SSL

Pastikan situs web toko online yang dipilih sudah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) dengan mengecek tanda ikon gembok warna hijau pada baris alamat browser. Ketika diminta memasukkan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, pastikan bahwa alamat situs web berubah dari http ke https. Jika sudah menggunakan https, maka informasi pembayaran akan dienkripsi dan data pribadi anda lebih aman.

4. Hati-hati dengan Harga yang Murah

Hati-hati dengan tawaran barang dengan harga murah yang datang melalui email atau pesan langsung. Jangan mudah tergiur untuk membagikan ID dan password tanpa izin dari pemilik email. Ini bisa jadi adalah email phishing atau spammer yang merayu dengan mengirim email palsu yang terlihat seperti dari situs web perusahaan yang anda gunakan. Sebaiknya kunjungi langsung situs web perusahaan dan lakukan pembelian langsung dari sana, jangan via email atau pop-up.

5. Cek Kelengkapan Barang yang Diterima

Pastikan untuk mengecek kelengkapan barang yang diterima. Beberapa barang tidak dijual dengan paket lengkap dan harus dibeli secara terpisah. Periksa juga kualitas barang yang diterima apakah sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan.

6. Perhatikan Biaya Lainnya

Perhatikan biaya lainnya seperti ongkos kirim, pengepakan, dan pajak yang mungkin harus dikeluarkan di luar harga yang tercantum pada halaman toko online.

7. Pertimbangkan Opsi Pembayaran yang Aman

Jika anda merasa ragu dengan toko online atau penjual perorangan yang memasang iklan di internet, anda dapat memilih opsi pembayaran yang lebih aman seperti menggunakan agen rekening bersama atau pembayaran ditempat (COD).

8. Lakukan Transaksi Sendiri

Setelah mantap berbelanja online, yang harus anda lakukan yaitu melakukan transaksi sendiri. Jangan melakukan transaksi atas nama anda dengan meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Biasanya pembeli yang akan memesan barang harus membuat akun pribadi yang berisi data-data pribadi. 

Jika orang lain dapat mengakses data pribadi anda, ia mungkin dapat menggunakannya untuk kepentingan pribadinya. Jangan sekali-kali meminta bantuan orang lain melakukan pembayaran online mengunakan kartu kredit anda.


Untuk melakukan transaksi sebaiknya pakailah komputer pribadi atau smartphone anda sendiri saat melakukan pembelian barang dan melakukan pembayaran online. Hindari menggunakan komputer umum di sekolah, di perpustakan, di kantor, atau di warnet. Anda harus merahasiakan data pribadi dan data kartu kredit anda agar tidak direkam oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

9. Simpan Bukti Pembelian dan Bukti Pengiriman

Simpan seluruh bukti pembelian dan pengiriman barang. Bukti pembelian berisi detail pembelian, seperti tanggal pembelian, nomor pesanan, dan jumlah yang dibayarkan. Sementara bukti pengiriman barang berisi detail pengiriman, seperti nomor resi dan tanggal pengiriman. Bukti-bukti tersebut dapat menjadi bukti validitas transaksi dan dapat membantu jika terjadi masalah di kemudian hari.

10. Jangan Mudah Terpancing Diskon Besar

Penawaran diskon besar memang menarik, namun jangan mudah terpancing untuk membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena harga yang murah. Ingat, terkadang penawaran diskon besar hanya trik untuk menarik pembeli, sementara barang yang dijual tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Pertimbangkan dengan bijak sebelum membeli barang yang ditawarkan dengan harga diskon besar.

Dalam berbelanja online, keselamatan dan keamanan informasi pribadi adalah hal yang utama. Dengan mengikuti 10 cara aman berbelanja online yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat membantu para pembeli dalam melakukan transaksi online dengan lebih aman dan terhindar dari penipuan. Selamat berbelanja!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak