Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

10 Ide dan Tips Bisnis Online dengan Modal Kecil dan Terjangkau

Saat Anda memutuskan untuk memasuki dunia bisnis online, Anda mungkin sudah memikirkan ide jualan online apa yang akan Anda tekuni. Meskipun bisnis online menawarkan banyak peluang yang menjanjikan, namun persaingan yang ketat tidak bisa Anda hindari dan harus menjadi perhatian utama Anda. Ini sangat penting, terutama bagi calon pengusaha dan pengusaha yang belum berpengalaman.

Selain mempertimbangkan cara berbisnis online, memilih ide jualan melalui online  juga penting. Pada dasarnya bisnis online tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Ada banyak pilihan untuk berjualan secara online dengan modal yang relatif kecil, beberapa di antaranya bahkan bisa dijalankan tanpa modal apapun.


Berbagai Jenis Ide Penjualan Online dan Modal Yang Dibutuhkan

Memilih ide jualan online yang laris tentunya akan menjadi pilihan terbaik. Ini akan secara signifikan menyederhanakan manajemen bisnis secara keseluruhan.

Pertimbangkan beberapa ide penjualan online modal kecil seperti di bawah ini:


1. Produk Fashion

Jualan Produk Fashion

Produk fashion adalah salah satu bidang bisnis online yang paling populer dan menjanjikan. Salah satu alasan mengapa permintaan produk fashion tidak pernah habis adalah karena dunia fashion terus berubah dan selalu memperkenalkan tren baru.

Fashion sekarang tidak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk pria. Banyak orang, baik pria maupun wanita, ingin tampil menarik di semua kesempatan. Ini, pada gilirannya, menciptakan banyak peluang online untuk bidang usaha ini.

Pilih kategori fashion untuk ide penjualan online Anda, seperti pakaian pria, gaun, kemeja, atau bahkan yang lainnya. Cara ini juga akan memudahkan untuk memulai bisnis ini dengan sedikit uang. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis fashion ini tidak harus besar; bisa dimulai hanya dengan Rp 2 juta.


2. Pakaian Anak

jualan pakaian anak

Pakaian anak-anak mungkin menjadi ide penjualan online terlaris berikutnya untuk dipertimbangkan. Permintaan pakaian anak-anak meningkat, terutama di masa pandemi yang membuat sebagian besar orang enggan bepergian. Peluang bisnis online ini akan semakin bersinar jika produknya berkualitas dan memiliki model yang mengikuti tren.

Salah satu cara untuk memulai bisnis ini dengan sedikit uang adalah dengan membeli paket bisnis. Ada banyak paket bisnis pakaian anak yang tersedia dengan harga grosir saat ini. Bisnis yang satu ini bisa dijalankan hanya dengan Rp. 1-2 juta modal awal.


3. Perawatan Kulit dan Produk Kosmetik

Ide jualan skincare


Banyak orang sekarang menganggap perawatan kulit dan produk kecantikan sebagai kebutuhan. Banyaknya jenis produk di pasaran menunjukkan bahwa permintaan terhadap kedua produk ini tidak pernah sepi.

Tidak perlu menyediakan seluruh seri sekaligus; Bisnis ini dapat dijalankan dengan fokus pada kategori produk tertentu, seperti make-up, perawatan kulit, dan sebagainya.

Bisnis ini bisa dimulai hanya dengan Rp. Modal awal 1 juta, tergantung kategori dan merk produk yang akan disediakan. Namun jika ingin lebih lengkap, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi reseller atau dropshipper untuk produk perawatan kulit tertentu selain menyediakan produk langsung (stock).


4. Camilan dan Makanan

ide usaha makanan dan camilan


Makanan dan camilan adalah ide jualan online lain yang bisa dipertimbangkan. Produk makanan dan minuman selalu diminati terutama sejak pandemi. Bisnis ini bisa dimulai hanya dengan Modal Rp. 300.000, tergantung jenis makanan yang diproduksi dan dipasarkan.

Untuk sukses di bidang ini, gunakan strategi bisnis online yang cerdas. Menjual produk makanan kemasan tahan lama yang dapat didistribusikan secara luas melalui e-commerce. Sedangkan produk makanan segar atau siap saji dapat dijual melalui aplikasi pesan antar makanan seperti Gojek dan Grab.


5. Peralatan Rumah Tangga

ide jualan perlengkapan rumah tangga

Aneka peralatan rumah tangga dapat Anda jadikan ide jualan online dengan modal yang relatif kecil. Pilih kategori tertentu untuk mempersempitnya, seperti perlengkapan kamar tidur, perlengkapan dapur, kebutuhan kamar mandi, pernak-pernik dan dekorasi rumah, taman dan tanaman, dan sebagainya.

Gunakan gambar berkualitas tinggi dan deskripsi produk yang mendetail untuk memikat pembeli. Berbagai peralatan rumah tangga ini selalu diminati dan tidak pernah lepas dari pembelian. Bisnis online ini bisa dijalankan dengan modal minimal Rp 1 juta.


6. Perlengkapan Alat Tulis (ATK)

ide jualan alat tulis ATK

Bisnis ATK ini bisa dipertimbangkan jika Anda menginginkan ide jualan toko online unik yang membutuhkan modal kecil. Kebanyakan orang lebih suka membeli ATK secara online karena harganya yang lebih murah. Selain itu, ketersediaan produk online biasanya lebih beragam dan baru.

Banyak produk ATK menarik yang tersedia di toko online, antara lain pulpen dan pensil, notebook, sticky note, spidol, dan lain-lain. Bisnis ATK ini sudah bisa dijalankan dengan persediaan produk yang cukup dengan modal awal hanya Rp. 1 juta.


7. Aneka Perlengkapan Petshop

Usaha pet shop

Ide selanjutnya yang harus diperhatikan adalah berbisnis online dengan berbagai perlengkapan petshop. Anda bisa menyediakan berbagai produk perawatan hewan peliharaan seperti kotak pasir, makanan hewan peliharaan, kandang, produk perawatan, vitamin, bahkan aksesoris lucu.

Karena petshop masih relatif sulit ditemukan di beberapa daerah, berbagai perlengkapan petshop ini termasuk ide jualan online yang paling laris dan selalu ramai dikunjungi pembeli. Tentunya dengan modal sekitar Rp 1-2 juta, bisnis online ini bisa dijalankan dengan baik.


8. Tanaman hias

ide bisnis jualan tanaman hias

Menjadikan hobi sebagai bisnis adalah cara yang menyenangkan untuk mendapatkan cuan. Jika Anda seorang penggila tanaman, ide jualan tanaman hias secara online ini sangat cocok untuk Anda. Sejak pandemi, industri tanaman hias mengalami peningkatan permintaan yang signifikan.

Tanaman dengan karakteristik yang tidak biasa, seperti Aglonema dan Monstera, sangat diminati. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal Rp. 1 juta, apalagi jika sudah memiliki beberapa koleksi yang bisa dijadikan anakan.  Selain menjual tanaman, Anda juga dapat menjual berbagai peralatan pendukung serta pupuk yang dibutuhkan tanaman.


9. Pernak pernik kado

ide jualan Pernak pernik kado


Berbisnis online perlengkapan kado merupakan ide jualan online yang menjanjikan dengan modal kecil. Bisnis online ini bisa menawarkan berbagai macam produk, seperti pernak-pernik asesories atau makanan unik yang bisa dijadikan kado..

Untuk orang-orang yang kreatif dan memiliki keterampilan membungkus kado yang baik, ini adalah ide penjualan toko online yang ideal. Bisnis ini tidak hanya mudah dijalankan, tetapi juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bisnis online ini bisa dijalankan dengan sukses dengan modal awal Rp 500 ribu.


10. Seserahan dan Hampers

ide bisnis hampers dan seserahan
Hampers dapat Anda jadikan salah satu alternatif dari sekian ide usaha yang mungkin terlintas di benak Anda. Hal ini tak lain karena hampers sangat diminati di sepanjang tahun, tidak hanya saat hari raya. Bisnis online ini akan mendapatkan keuntungan dari penjualan hampers unik dalam bentuk paket.

Hal yang sama terjadi dengan seserahan yang jarang sepi di sepanjang tahun. Buatlah berbagai macam hampers dan seserahan yang unik agar bisnis ini tidak pernah kehabisan pelanggan. Siapkan modal sekitar Rp. 1 juta untuk berhasil menerapkan ide penjualan online terlaris ini.


Sumber: cermati.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak