Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

F. S. Kipping Penemu Silikon, bahan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari

Penemuan Silikon

Dalam kehidupan kita sehari-hari, akan sulit untuk menemukan produk yang tidak mengandung silikon—dari kaca, mobil hingga insulasi listrik.

Pada tahun 1901, seorang ilmuwan Inggris F. S. Kipping menemukan polimer sintetik (struktur molekul yang terdiri dari sejumlah besar molekul serupa yang terikat secara artifisial ke eter) yang memiliki kualitas luar biasa.

penemu silikon
Silikon dalam kemasan tube


Sifat silikon

Silikon memiliki sifat antara lain tidak menghantarkan panas, tidak bereaksi dengan lingkungannya, tidak beracun, dan tidak menyerap air. Polimer sintetik ini juga tidak bereaksi dengan senyawa lain dan dapat dibuat menjadi karet atau plastik padat. Nama kimianya, bagaimanapun, cukup sulit untuk diucapkan, yaitu: "polydiphenylsiloxane."

Kipping memberinya nama yang lebih sederhana "silikon," dan bahan yang sangat diperlukan dalam kehidupan modern pun lahir.


Aplikasi pemakaian silikon

Karena ketahanan panasnya yang tinggi, kualitas pelumas, dan karakteristik antilengketnya, silikon memiliki banyak kegunaan. Silikon bermanfaat memberikan insulasi listrik, menyegel gasket di industri mobil dan pesawat terbang, dan berfungsi sebagai pelapis pada tekstil dan kertas.

Dry Cleaner bahkan menggunakan silikon cair sebagai pelarut pembersih, dan satelit dilapisi dengan silikon untuk melindungi komponennya dari guncangan dan panas. Di industri lain, silikon sering berguna sebagai sealant untuk wadah kedap air dan pipa saluran air.

Di bidang medis, silikon dapat ditemukan pada implan, kateter, lensa kontak, perban, dan cetakan cetakan gigi di kedokteran gigi. Peralatan masak untuk dapur juga sering dilapisi dengan silikon karena sifatnya yang anti lengket. Anda juga dapat menemukan silikon di sejumlah barang perawatan pribadi, termasuk sampo dan krim cukur.

Dengan berbagai manfaat yang dapat kita rasakan saat ini, kita patut berterima kasih pada F. S. Kipping atas penemuannya yang mendunia.


Cek Buku Original 200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan Pengubah Dunia - Ismadi dengan harga Rp124.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5UuF3Qwt3w?share_channel_code=1


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak