Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Niat Hati Membuat Lemari Pendingin, Sim Salabim Jadilah Teflon | Kisah Penemuan Teflon oleh Roy Plunkett

Penemuan Teflon

Teflon adalah nama merek dagang untuk polimer, atau juga disebut resin sintetis. Material ini sangat licin, tidak bereaksi dengan air, dan mempertahankan integritasnya ketika terkena suhu tinggi.

Roy Plunkett, seorang ahli kimia yang bekerja untuk Perusahaan DuPont pada tahun 1938, mencoba membuat lemari es yang lebih baik dengan menggabungkan gas (tetrafluoroetilena) dengan asam klorida.

Tidak cukup siap untuk menggabungkan gas dengan asam, ia mendinginkan dan menekan gas dalam tabung semalaman. Ketika Plunkett kembali keesokan harinya, kaleng-kaleng itu kosong namun beratnya masih sama seperti malam sebelumnya. Apa yang terjadi dengan gasnya?

Plunkett memotong tabung menjadi dua bagian dan menemukan bahwa gas telah berubah menjadi padat, menciptakan permukaan yang sangat licin di permukaan dalam tabung. Benda padat yang licin adalah polytetrafluoroethylene, atau PTFE.

Zat baru tersebut, sekarang memiliki merek dagang Teflon, menemukan banyak kegunaan dalam upaya perang AS selama Perang Dunia II. Itu bahkan digunakan dalam Proyek Manhattan, program rahasia AS untuk membuat bom atom pertama.


Perkembangan Teflon

Penemuan teflon
Panci dengan lapisan teflon


Baik Plunkett maupun orang lain pada saat itu tidak berpikir bahwa Teflon akan berguna bagi konsumen. Namun pada tahun 1948, insinyur Prancis Marc Gregoire, setelah menggunakan Teflon pada alat pancingnya untuk mencegah kusut, mendengarkan saran istrinya bahwa zat antilengket akan ideal untuk melapisi peralatan memasak.

Gregoire memperkenalkan panci "tefal", yang pertama dilapisi dengan Teflon. Di Amerika Serikat, panci berlapis teflon mulai dijual pada tahun 1961. Saat ini, tentu saja, panci teflon ada di hampir setiap dapur. Selain untuk memasak, Teflon juga digunakan pada bahan bangunan, pakaian luar angkasa, chip komputer, dan segel isolasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Teflon mendapat berbagai kecaman. Ketika para peneliti menyelidiki lebih jauh hubungan antara bahan kimia modern dan penyakit, beberapa peneliti menghubungkan Teflon dengan karsinogen, pemicu kanker. Namun, hasil konklusif sulit dipahami.


Sumber:
100 Inventions That Changed the World

Cek Buku Original 200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan Pengubah Dunia - Ismadi dengan harga Rp124.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5UuF3Qwt3w?share_channel_code=1


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak