Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Operation Dynamo, Operasi Penyelamatan Pasukan Inggris Terbesar di bawah kepungan tentara Jerman di Dunkirk, Perancis

Setelah Jerman menginvasi Polandia pada 1 September 1939, dan Inggris membalas dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Inggris kemudian mengirimkan personel Pasukan Ekspedisinya ke Eropa. Mereka bergabung dengan Angkatan Darat Prancis untuk mempertahankan Garis Maginot, garis pertahanan di sepanjang perbatasan Jerman.

Pada Mei 1940, Hitler memerintahkan invasi ke Prancis, tank-tanknya melewati Garis Maginot untuk menembus garis pertahanan pasukan Inggris di Ardennes. Pasukan Inggris dipaksa mundur ke pantai-pantai di Dunkirk di Prancis utara, sekitar 10 km dari perbatasan Belgia.


Miracle of Dunkirk

Alih-alih maju ke Dunkirk dan mencegah pelarian pasukan Inggris, pasukan Jerman berhenti untuk mengkonsolidasikan pasukannya. Memanfaatkan kesempatan itu, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill meluncurkan Operasi Dynamo, di mana kapal-kapal dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris dikirim melintasi Selat untuk mengevakuasi pasukan sebanyak mungkin.

Operation Dunkirk

Anda diperbolehkan mengutip materi di artikel ini sepanjang memberikan kredit berupa link aktif dan dofollow sebagai pengganti lelah begadang. Terima kasih 

Evakuasi dimulai pada 27 Mei, di bawah hujan tembakan dari pesawat Jerman. Selain kapal angkatan laut kerajaan Inggris, hampir 700 kapal kecil milik penduduk sipil dari seluruh pantai selatan Inggris dikerahkan untuk ikut mengevakuasi tentara Inggris.

Beberapa kapal milik sipil diminta dan dilayarkan oleh awak angkatan laut, tetapi yang lain dinahkodai secara independen oleh pemiliknya. Dalam sembilan hari, 338.226 tentara Inggris berhasil melarikan diri dalam apa yang kemudian dikenal sebagai "Miracle Of Dunkirk/ Keajaiban Dunkirk."

Peristiwa ini memberikan dorongan moral yang besar bagi tentara Inggris — meskipun Prancis menyerah segera setelah itu — dan menyelamatkan pasukan yang dapat diperlengkapi untuk bertempur di hari lain.

operation dunkirk
Pamflet yang disebarkan Angkatan Udara Jerman

Baca juga:
Jatuhnya Prancis oleh Divisi Lapis Baja Jerman yang dipimpin Von Kleistand Guderian

Selama proses evakuasi, Angkatan Udara Luftwaffe Jerman menjatuhkan ribuan pamflet propaganda kepada pasukan Inggris, mendesak mereka untuk menyerah. Seperti yang ditunjukkan pada pamflet, Angkatan Darat Jerman telah mengepung mereka tanpa ada tempat untuk pergi melarikan diri.. 

Keberhasilan improvisasi proses evakuasi pasukan Inggris melalui jalur laut adalah kejutan besar, dan yang mengubah kekalahan Inggris yang kelak akan memukul balik tentara Jerman.


Pustaka:
DK Smithsonian, Battles That Changed History

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak