Pertanyaan yang Sering Diajukan Saat Interview di Indomaret

Konten [Tampil]

Dalam setiap proses penerimaan karyawan baru, proses wawancara atau interview adalah proses yang paling ditunggu. Karena, dalam proses ini, kandidat akan diberikan kesempatan untuk bisa menceritakan mengenai dirinya sendiri. Setelah itu pihak perusahaan akan menentukan apakah kandidat tersebut bisa melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak setelah lolos tahap wawancara ini.

Pertanyaan saat Wawancara di Indomaret

Pertanyaan saat Wawancara di Indomaret


Ketika anda mengikuti seleksi penerimaan karyawan di Indomaret, tentu saja anda akan mengikuti proses wawancara. Dalam tahap ini anda harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara, dan harus dijawab dengan lugas dan juga tegas.

Agar pewawancara bisa mendapatkan informasi yang akurat setelah anda paparkan. Berikut pertanyaan yang sering dipertanyakan ketika sesi interview berlangsung, antara lain:


1. Ceritakan Diri Sendiri

Pewawancara, pertama kali akan meminta anda untuk menceritakan mengenai diri anda sendiri. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda sebaiknya memulai dengan salam, kemudian menyebutkan nama, domisili, dan juga pengalaman singkat anda mengenai pekerjaan dan juga pendidikan anda sebelumnya.

Anda kaitkan juga kelebihan anda dalam pertanyaan pertama ini agar memberikan kesan anda orang yang berkompeten. Namun sebaiknya jangan terlalu lebay juga dalam memberitahukan kelebihan Anda. Karena itu nanti bisa membuat perusahaan Anda mengira Anda terlalu melebih-lebihkan dan merasa ilfil dengan Anda.


2. Kenapa Perusahaan Harus Menerima Anda

Pertanyaan ini dianggap sebagai salah satu pertanyaan yang menjebak bagi kandidat. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, anda bisa menyebutkan keterampilan yang dibutuhkan oleh posisi yang anda lamar. Oleh karenanya, anda harus mengetahui dengan baik posisi yang anda melamar di Indomaret tersebut.

Sehingga Anda bisa menyesuaikan kelebihan yang Anda miliki dengan posisi yang diinginkan dengan baik. Jadi jangan pernah berbicara diluar dari pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan ketika Anda sedang mengikuti sesi interview.


3. Pertanyaan Seputar Gaji

Biasanya, pewawancara akan menanyakan kepada anda, berapa gaji yang anda inginkan? Dalam hal ini, tidak salah jika anda ingin digaji tinggi. Namun, perhatikan juga mengenai posisi yang anda lamar, berapa kisaran gaji yang akan didapatkan jika anda melamar di posisi yang sama dengan target anda tersebut.

Jangan terlalu meminta gaji yang tinggi bila tidak sesuai dengan kemampuan (skill) dan posisi yang sedang dilirik. Karena itu nanti justru bisa membuat Anda gagal dan langsung dicoret oleh pihak perusahaan.


Persiapan sebelum Mengikuti Sesi Wawancara di Indomaret

Selain menyiapkan jawaban dari beberapa pertanyaan tadi, anda juga harus melakukan beberapa persiapan ketika akan melakukan wawancara. Satu hal yang penting, persiapan fisik sangatlah penting. Fisik di sini berarti anda harus menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dan juga sehat.

Jangan sampai ketika hari pelaksanaan wawancara, anda jatuh sakit atau anda sedang dalam kondisi yang kurang baik. Hal ini tentu saja akan mengganggu anda dan juga bisa mempengaruhi hasil wawancara anda nantinya. Selain persiapan fisik, anda juga harus mempersiapkan secara mental agar hasil wawancara anda bisa memiliki nilai yang bagus.

Dalam hal ini, anda harus bisa menguasai diri, jangan sampai memberikan pernyataan yang berbelit-belit karena anda gugup. Tanamkan dalam pikiran anda, lawan bicara anda adalah kawan anda sendiri yang sedang menggali informasi lebih mengenai anda. Hindari pikiran negatif mengenai ketidakpercayaan diri dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pihak pewawancara ketika proses interview ini dilakukan kepada anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak