Awas Jangan Asal Beli Backlink, Tidak Semua Backlink Itu Indah, Ini Tips Berburu Backlink

Backlink merupakan harta karun yang sangat berharga ketika kita membangun sebuah website atau blog. Namun yang perlu kalian perhatikan adalah tidak semua backlink itu bagus. Ibarat pedang, backlink dapat melukai pemiliknya.

Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud untuk menyudutkan para pedagang backlink yang bertebaran di internet. Saya hanya ingin memberikan sedikit edukasi agar para blogger pemula, tidak salah langkah ketika membangun blognya.

tips berburu backlink


Tips berburu backlink

Untuk mendapatkan backlink yang bagus, ada beberapa tips yang akan saya bagikan berikut ini:

Utamakan backlink Do Follow

Backlink ada 2 macam, dofollow dan nofollow, namun untuk membangun kredibilitas blog, utamakan backlink dofollow. Lalu apakah backlink nofollow itu buruk? tidak juga. Kita akan tetap membutuhkan backlink nofollow untuk menaikkan traffic blog kita, dan juga kepercayaan dari google. 

Kalau backlink blog kita 100% dofollow, bukan tidak mungkin, google akan mencurigai kita melakukan praktik jual beli backlink yang jelas-jelas dilarang dalam pedoman komunitas. Salah salah blog kita akan ditenggelamkan oleh google.

Backlink harus dibangun se-natural mungkin, dan tidak boleh spammy

Utamakan backlink dengan Domain Authority tinggi

Tips kedua adalah, ketika kalian mencari backlink, carilah backlink dengan domain authority yang tinggi, atau minimal lebih tinggi dari domain authority blog kalian. Dari mana saya tahu itu backlink punya domain authority yang tinggi? Gampang, kalian bisa mengeceknya di sini.

Utamakan backlink dengan spam score rendah

Spam score merupakan perhitungan yang dikeluarkan oleh MOZ. Ada banyak komponen yang dimasukkan dalam perhitungan tersebut. Memang, website dengan spam score tinggi tidak lantas website tersebut biang penyebar spam, dan MOZ sendiri perusahaan yang berbeda dan tidak ada hubungannya dengan google, namun kita tetap harus memperhatikan nilai spam score ini. 

Serius, pengalaman saya pribadi membeli 20 backlink untuk blog ini, dikasih 79 backlink sama sellernya, dan pas dicek spam scorenya tinggi semua. Selang beberapa hari kemudian domain authority blogmasadi.com turun 3 poin. Membangunnya susah-susah, hanya karena ditembak backlink buruk, langsung turun DA/PAnya.

Utamakan domain pendidikan dibanding domain dot com

Saya tidak menyebut backlink dot com itu jelek, namun menurut saya backlink dari situs-situs pendidikan seperti .edu maupun .ac.id itu lebih kredibel. Mungkin google punya pertimbangan dan penilaian khusus terhadap domain pendidikan.

Utamakan backlink kontekstual

Dengan menulis konten yang  berkualitas dan bermanfaat, orang tidak segan untuk mengutip dari blog kalian dan memberikan backlick sebagai kredit untuk kalian. Backlink jenis ini lebih baik, karena relevan dengan niche blog kalian. Jadi kata kuncinya adalah "relevan", dan google pun menyukainya.

Membangun backlink dengan natural

Seperti telah saya sampaikan di atas, bangunlah backlink dengan se-natural mungkin. Sesuatu yang instant, akan menjadi bumerang untuk kalian. Ingat, blog adalah investasi jangka panjang, ketika kita melambung dengan cepat, biasanya jatuhnya juga cepat. Kurang lebih seperti itu perumpamaannya.

Nah, demikian tips berburu backlink yang dapat saya sampaikan, mungkin ada trik lain yang lebih baik di luar sana, apa pun itu, semoga bisa memberikan manfaat.

Sampai berjumpa kembali di artikel yang lain.


Baca juga:
Tik Tok Video Downloader, Download video tiktok tidak lagi ribet
Belajar membuat soal/ quiz online menggunakan plugin Thrive Quiz Builder

Belum ada Komentar untuk "Awas Jangan Asal Beli Backlink, Tidak Semua Backlink Itu Indah, Ini Tips Berburu Backlink"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel