Mangga Arum Manis, Bentuk Buah, Habitat, Nutrisi dan Manfaat Untuk Kesehatan

Mangga Arum manis berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur– mangga ini merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Buah mangga Arum manis berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujungnya meruncing. Pangkal buah mangga arum manis berwarna merah keunguan, sebaliknya pada bagian yang lain berwarna hijau kebiruan.

Mangga Arum Manis, Bentuk Buah, Habitat, Nutrisi dan Manfaat Untuk Kesehatan


Bentuk buah

Mangga arum manis mempunyai kulit buah yang tidak begitu tebal, berbintik- bintik kelenjar berwarna keputihan, dan ditutupi susunan parafin. Mangga arum manis mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning, lunak, tidak berserat. Mangga arum manis mempunyai rasa yang manis segar, tetapi pada bagian ujungnya kadang- kadang terasa asam. Dimensi buah tidak sangat besar seperti buah mangga pada biasanya, dengan panjang buah yang mencapai 15 cm, rasa buah manis, aroma buah harum serta tajam dan banyak memiliki air

Mangga arum manis mempunyai biji berukuran kecil, berupa lonjong pipih. Mangga arum manis mempunyai tingkat produktivitasnya cukup besar, dapat menggapai 54 kg/ pohon.


Habitat mangga arum manis

Mangga arum manis ( Mangifera indica L.) merupaka jenis buah yang dapat berkembang dengan baik di wilayah yang beriklim tropis ataupun kering. tumbuhan mangga ini banyak tersebar nyaris di seluruh dunia khususnya di India yang merupakan negara asal buah mangga, Srilanka, Pakistan dan Indonesia. Sentra tumbuhan mangga di Indonesia di antara lain merupakan paling banyak yaitu di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Tegal, Kudus, Pati, Magelang, Boyolali, Pasuruan, Probolinggo, Nganjuk, Pamekasan, serta Yogyakarta.


Nutrisi dalam buah mangga arum manis

Mangga arum manis dikenal banyak memiliki kandungan vitamin C, tercermin dari rasa masam yang dmiliki mangga ini. Tidak hanya itu mangga arum manis juga mengandung karbohidrat serta mangiverin. Kandungan senyawa yang lain yang dimiliki mangga arum manis yaitu alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, kuinon.


Manfaat menkomsumsi mangga arum manis

Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, buah mangga arum manis ini dikenal mempunyai banyak khasiat buat kesehatan. Tidak hanya sebagai sumber vitamin, buah mangga bisa dimanfaatkan sebagai obat pencahar, dan obat buat menghentikan pendarahan pada rahim, paru- paru, usus, kekurusan serta anemia ( Parvez, 2016).


Baca juga:

Mangga Gedong Gincu, Persyaratan Tumbuh dan Cara Budidaya

Jenis-jenis Mangga di Indonesia Termanis dan Terpopuler

Fakta Unik Seputar Mangga Irwin, Mangga Manis Berwarna Ungu



Referensi:

http://eprints.umm.ac.id/38090/3/BAB%20II.pdf

Belum ada Komentar untuk "Mangga Arum Manis, Bentuk Buah, Habitat, Nutrisi dan Manfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel