Apa itu Marketplace? Contoh Marketplace di Indonesia

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu COD, dan sekarang saya akan coba jelaskan tentang apa itu marketplace. 

Apa itu Marketplace?

apa itu marketplace


Anda mungkin pernah berkunjung ke pasar tradisional, modern market atau bahkan mall untuk mencari barang yang Anda butuhkan. Di dalam pasar tradisional, pasar modern atau bahkan mall, Anda menjumpai berbagai macam lapak atau toko dan aneka produk yang dijual. Nah itulah yang disebut marketplace, tetapi yang konvensional. 

Mengapa disebut marketplace konvensional?

Pasar tradisional, pasar modern atau mall disebut marketplace konvensional karena pembeli dan penjual bertemu secara langsung untuk bertransaksi.

Sampai di sini ada sedikit pemahaman ya.

Oke lanjut..

Sekarang jika Anda membuka ponsel Anda, nutul aplikasi tokopedia atau shopee, maka Anda sedang mengunjungi marketplace, tapi secara online

Mengapa Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, Blanja, Bhinneka disebut Marketplace Online?

Karena Anda tidak perlu mengunjungi secara fisik datang secara langsung ke kantor Tokopedia di Tokopedia Tower Lt. 46 Setiabudi sana hanya untuk membeli barang yang Anda butuhkan. Anda hanya butuh 3 langkah untuk mendapatkan barang yang Anda butuhkan; Pilih, Check Out, bayar lalu kemudian barang di antar ke rumah Anda


Contoh Marketplace di Indonesia

Di artikel kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace,  ada 10 (sepuluh) contoh marketplace yang ada di Indonesia. Apa sajakah?

  • Tokopedia  
  • Shopee  
  • Bukalapak  
  • Lazada  
  • Blibli 
  • JD ID 
  • Orami 
  • Bhinneka 
  • Sociolla 
  • Zalora 
Sebenarnya masih ada beberapa lagi, silahkan Anda eksplor sendiri. Intinya, marketplace adalah suatu wadah yang berisikan kumpulan toko-toko atau lapak yang menjual berbagai macam barang dan menjalankan transaksi jual beli di dalamnya.

Perbedaan marketplace konvensional dan marketplace online

Jika di marketplace konvensional, Anda membeli barang dan langsung bayar ke toko yang menjual barang di dalam sebuah pasar. Sedangkan di marketplace online, Anda membayar kepada pengelola senilai harga barang dan ongkos kirim melalui rekening escrow/ rekening bersama, yang selanjutnya akan diteruskan ke penjual bila barang sudah Anda terima dan Anda mengkonfirmasi penerimaannya.
Bagaimana jika Anda tidak mengkonfirmasi penerimaan barangnya? sistem yang akan melakukan konfirmasi penerimaan barang secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditetapkan

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Marketplace? Contoh Marketplace di Indonesia"

Posting Komentar

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat SAMSAT, Indomaret, Tokopedia dan Aplikasi Online

Membayar pajak adalah kewajiban bagi setiap warga negara tanpa kecuali, karena dengan pajak itulah negara bisa membangun sarana dan prasaran...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel