Awas! Madu Palsu Bertebaran, Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah pekerja yang meninggalkan sarang untuk mencari bunga-bunga dalam rangka mengumpulkan nektar. Dari nektar bunga inilah madu dikumpulkan dan ditempatkan pada sebuah kantong istimewa yang dimiliki oleh lebah pekerja yang biasa disebut honey sack. Cairan saliva lebah yang mengandung enzim hydrolase pada honey sack akan memecah gula kompleks pada nektar menjadi gula invert seperti glukosa dan fruktosa.

Madu merupakan nutrisi yang istimewa karena disebutkan juga dalam al-qur'an dan hadist. Selain karena rasanya yang manis, madu ini termasuk obat yang ampuh bagi beberapa penyakit. Jadi tidak mengherankan bila madu ini dijadikan alternatif pengganti gula. Selain manis juga aman karena manisnya merupakan manis alami. 

Karena keistimewaannya dan proses pembentukan madu yang butuh waktu lama inilah yang menjadikan harga madu menjadi mahal. Namun hal ini pula yang kemudian menjadikan oknum nakal untuk memalsukan madu, demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.


Cara membedakan madu asli dan madu palsu

Cara membedakan madu asli dan madu palsu


Ada beberapa cara untuk membedakan madu asli dan madu palsu ini,  berikut cara yang bisa dilakukan untuk membedakan madu asli dan madu palsu :


Menguji madu dengan cara membakar madu

Bahan yang diperlukan yaitu sebatang lilin dan sebuah sendok. Caranya adalah tuangkan madu ke dalam sendok kemudian bakar madu tersebut diatas api lilin yang menyala.  Setelah beberapa saat madu asli akan mengeluarkan gelembung-gelembung dan madu akan tumpah sedangkan madu palsu ketika dibakar akan mengeluarkan buih yang banyak namun tidak sampai tumpah. Dilihat dari warnanya pun madu asli akan lama terbakar, sedangkan madu palsu akan lebih cepat terbakar dan gosong karena terbuat dari gula buatan.


Menguji madu menggunakan kertas koran  

Caranya sangat mudah. Anda hanya harus menuangkan satu sendok kecil madu ke atas koran. jika madu tersebut asli maka madu akan cenderung menggumpal dan tidak ada cairan merembes ke koran. Namun, jika madu tersebut palsu maka madu tersebut akan menyerap ke dalam koran bahkan jika didiamkan madu palsu akan membuat koran mudah sobek. Hal tersebut dikarenakan madu palsu mengandung campuran air.


Menguji madu dengan batang korek api

Caranya menguji madu dengan korek api sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkan batang korek api ke dalam madu. Bila madu tersebut asli maka batang korek api akan tetap menyala ketika digesekan ke korek. Namun bila madu tersebut palsu, maka batang korek api tidak akan menyala ketika digesekan ke korek. Ini karena madu palsu memiliki kandungan air.


Menguji madu dengan air

Ketika kita mencampurkan madu ke dalam air lalu mengaduknya, yang terjadi kemudian ialah madu tidak bercampur dengan air, malahan madu tersebut justru menggumpal. Hal itu menandakan madu tersebut asli.

Namun pada madu palsu yang terjadi ialah madu akan bercampur dengan air dan mengubah warna air menjadi keruh.

 

Mencampur madu dengan telur

Cara kelima atau terakhir yang dapat kita lakukan adalah mencampur madu dengan telur. Sebelumnya pisahkan dahulu kuning telur dari putihnya. Kemudian masukan kuning telur ke dalam gelas dan campur dengan madu kemudian di aduk menggunakan sendok.

Jika kuning telur tersebut terlihat mengkristal maka madu tersebut ialah asli. Namun Jika kuning telur tidak mengkristal maka dipastikan madu tersebut palsu.

Proses pengkristalan kuning telur terjadi karena madu mengandung asam sedangkan telur mengandung protein yang akan menggumpal jika terkena asam.

Anda bisa memilih salah satu dari kelima cara atau menggunakan dua cara dari lima diatas untuk memastikan madu yang kita konsumsi adalah madu asli.

Dari keterangan pelaku yang memproduksi madu palsu, bukan hanya gula dan pemanis buatan yang di gunakan dalam pembuatannya namun mereka juga menggunakan pengawet dan pewarna yang bukan untuk makanan.

Pewarna dan pengawet ini tentunya berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, pengawet dan pewarna non food grade mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker ataupun penyakit lainnya.

Semoga info ini dapat membantu Anda dalam memilih dan membeli madu.


Referensi:
http://artikelkesehatan70.blogspot.com 


Baca juga:
Menolak Vaksin Covid-19, Apa Hukumannya?
Tips Perawatan, Mencegah dan Mengatasi Karat Pada Mobil

Belum ada Komentar untuk "Awas! Madu Palsu Bertebaran, Begini Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu"

Posting Komentar

Cara Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit BCA Secara Online

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas Cara membuka rekening BCA secara online , dan kali ini kita akan membahas Cara pengajuan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel