Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Waspada penipuan bisnis online, Ini Tipsnya

Bisnis merupakan interaksi yang terjadi antara satu pihak dengan pihak lain yang mendatangkan manfaat secara financial atau pun non financial. Hal ini merupakan definisi bagi sebagian orang secara umum. Benarkah demikian?

Berdasarkan cara yang digunakan dan media penyampaiannya, bisnis dibagi menjadi dua; yaitu bisnis online dan bisnis offline.

Waspada penipuan bisnis online

Bisnis online pada dasarnya sama dengan bisnis offline, di mana di situ ada penjual dan ada pembeli. Yang membedakan hanyalah kalau di bisnis offline, penjual dan pembeli biasa bertatap muka langsung, sedangkan di bisnis online, komunikasi antara penjual dan pembeli dilakukan secara online menggunakan media internet dan telekomunikasi berbasis data tentunya. 

Nah di bisnis online inilah diperlukan sikap bijak, baik oleh owner, admin atau pengelola bisnis tersebut dengan member, investor atau orang yang bergabung dengan bisnis tersebut.

Di sini sangat dibutuhkan rasa saling percaya, transparan, dan jujur. Seperti kita tahu, dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi membuat dunia ini seolah olah sangat kecil. Semua informasi dan aktifitas transaksi bisa didapatkan hanya dengan memainkan jempol Anda.

Kemajuan inilah yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang yang ingin mengambil keuntungan sesaat dengan cara curang, untuk melakukan SCAM atau penipuan di dunia bisnis online. Sudah banyak orang yang telah menjadi korban penipuan bisnis online. 

Admin atau pengelola bisnis mengumbar janji maupun keuntungan yang begitu menggetarkan, sehingga membuat sebagian orang seakan-akan terhipnotis hingga kemudian berakhir dengan scam. Hal yang demikian menjadi lahan subur bagi para pelaku scammer dengan memperdaya orang-orang yang masih sangat awam, yang biasanya masih sangat gampang dikelabui.

Di sinilah diperlukan sikap bijak dan kehati-hatian. Memang benar tidak semua bisnis online itu scam, banyak yang jujur, dan tetap exist bertahan bertahun tahun. Namun disini diperlukan kejelian kita.

Tips terhindar dari penipuan bisnis online

Jika Anda ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis online, berikut ada sedikit tips ringan:

  • Hati –hati dengan tawaran yang muluk-muluk, gunakan logika Anda, dan bila perlu tanyakan pada pihak terpercaya, tentang sistim bisnis yang terlalu muluk-muluk tersebut, logis apa tidak.
  • kontrol emosi dan jangan sampai terhipnotis bila menemukan iklan yang menjanjikan keuntungan selangit,
  • Lihat halaman kontak web tersebut, teliti kelengkapan datanya, jika ada alamat email atau nomor telepon yang bisa di kontak atau di hubungi silahkan hubungi. Setidaknya kita bisa sedikit lebih yakin jika ada respon dari pengelolanya..
  • Selanjutnya, Anda bisa menggali informasi terkait web tersebut di search engine. Biasanya jika web tersebut diindeks oleh mesin pencari, kita bisa menggali informasi web tersebut dengan mudah. Setidaknya kita bisa memperoleh info tambahan tentang web tersebut. Anda dapat mengetikkan nama domain web tersebut dan kombinasikan dengan menambahkan kata scam, (contoh: domainbisnis.com scam). Search engine akan menampilkan informasi berdasarkan review yang diberikan oleh orang-orang yang mungkin pernah menggunakan atau bergabung dengan bisnis yang ditawarkan web tersebut.  
  • Jangan lupa teliti sales latternya, baca kesaksian/testimoni yang ada di web tersebut. Selanjutnya Anda dapat membandingkan web tersebut dengan web web bisnis lain yang pernah Anda temui. Jika ada kesamaan testimoni tersebut, saya sarankan segera tinggalkan web tersebut, karena itu udah pasti scam, karena tak mungkin testimoni sama pada web bisnis yang berbeda.

Ini hanya tips ringan, bukan jaminan anda pasti terhindar dari bisnis scam, tapi setidaknya bisa diminimalisir.

Demikian semoga bermanfaat

Baca juga:

Mewaspadai Aneka Modus Penipuan Online Melalui Telpon, SMS dan Media Sosial

Cara Mudah Mengenali Penipuan di Instagram, Baca Biar Nggak Tertipu

4 Kunci Sukses Jalankan Bisnis



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak