Blog ini disponsori oleh :

Niagahoster : Bangun websitemu dari sekarang ! Gratis Domain dan SSL, Diskon Sampai 75% 

Leo Fender bukan penemu gitar listrik pertama, lalu siapa? Jawabannya ada di sini!

Seiring popularitas musik meningkat di abad ke-19, ukuran ruangan yang diperlukan untuk mengadakan sebuah konser juga meningkat untuk mengakomodasi massa. Ruangan yang lebih besar menuntut lebih banyak volume dan kebutuhan musisi mulai berubah. |dilarang copas tanpa ijin - www.blogmasadi.com| Pada awalnya, seniman mencoba menggunakan megafon dan senar baja untuk memperkuat suara gitar akustik.


Cikal bakal penemuan gitar listrik

penemu gitar listrik


Terobosan besar pertama datang pada tahun 1931, ketika George Beauchamp mengembangkan perangkat di mana arus, yang melewati kumparan kawat yang melilit magnet, berhasil memperkuat getaran string. Beauchamp dan rekannya, Adolph Rickenbacker, menciptakan gitar listrik lap steel yang disebut Frying Pan. Gitar akan dipangku oleh musisi saat ia memindahkan slide logam di sepanjang senar baja. Musisi memetik senar dengan tangannya yang lain, memanipulasi nada.

Namun, The Frying Pan bukanlah kesuksesan dalam semalam. Pada awalnya dijauhi oleh tradisionalis, gitar listrik menghadapi kritik bahwa suaranya tidak asli. Ulasan beragam bertepatan dengan terjadinya The Great Depression (sebuah peristiwa menurunnya tingkat ekonomi yang terjadi secara dramatis di seluruh dunia yang terjadi mulai tahun 1929 dan berlangsung selama sekitar 10 tahun) , yang berdampak pada sedikitnya orang yang mampu membeli instrumen musik baru. Namun, akhirnya, musisi country dan jazz melompat ke gitar listrik, yang kini mampu bersaing dengan instrumen musik lain dalam satu ensemble.

Pada tahun 1947, desainer Paul Bigsby dan penyanyi country Merle Travis bekerja sama pada desain terbaru untuk gitar listrik, satu lagi mirip dengan versi hari ini. Pada 1950-an, Leo Fender memiliki kesuksesan komersial besar pertama, dan gitar Fender memengaruhi gelombang baru pembuatan gitar, mempopulerkan desain baru |dilarang copas tanpa ijin - www.blogmasadi.com| . Gitar Gibson muncul sebagai pesaing terbesar Fender pada tahun 1952, dan saat rock and roll lepas landas, remaja dan calon musisi menggunakan teknologi untuk mengantarkan era baru musik, membuat gitar listrik identik dengan rock and roll.

Di luar kamar tidur pemain strummer berusia 16 tahun dan ruang konser yang diperluas, gitar elektrik juga memungkinkan pertunjukan berskala besar dan terbuka, membuka jalan bagi pertemuan kecil yang disebut Woodstock. Beberapa bintang rock terhebat pada masanya—Elvis Presley, The Beatles, the Rolling Stones, Joan Jett, dan Jimi Hendrix, hanya untuk beberapa nama—mungkin tidak akan pernah mendapatkan ketenaran mereka tanpa gitar listrik. Untuk pencapaian itu, penemuan ini layak mendapat tepuk tangan.


Cek Buku Original 200 Tokoh Inspiratif Penemu Dan Pengubah Dunia - Ismadi dengan harga Rp124.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5UuF3Qwt3w?share_channel_code=1



Baca juga:

Sejarah Penemuan Velcro oleh George de Mestral– Berawal Dari Duri Tanaman Liar

Niat Hati Membuat Lemari Pendingin, Sim Salabim Jadilah Teflon | Kisah Penemuan Teflon oleh Roy Plunkett

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak