Melamar kerja, tahapan tes dan kumpulan soal tes masuk Indomaret Alfamart 2021

Konten [Tampil]

Profil Indomaret dan Alfamart 

Indomaret, Alfamart, Circle K, alfamidi dan beberapa nama besar yang terjun di bidang perdagangan ritel di Indonesia turut memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penyediaan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Hingga Januari 2020, Indomaret mencapai 17.681 outlet. Bertambahnya jumlah outlet seiring dengan peningkatan omset yang dibidik PT Indomarco Prismatama. Sedangkan Alfamart pada 2020 perusahaan akan membuka 1.000 gerai Alfamart baru. Pada akhir 2019, AMRT sudah mengoperasikan 14.310 gerai, sehingga nantinya akan bertambah menjadi 15.310 gerai.  


gambar hanya ilustrasi, via madiun.info

Dengan hadirnya gerai gerai perbelanjaan tersebut pastinya akan menyerap tenaga kerja dari usia produktif. Umumnya, lowongan kerja pada toko toko ritel Indomaret, Alfamart dan beberapa peritel lainnya diminati oleh lulusan fresh graduate, karena peluang diterima lebih besar dan membutuhkan banyak karyawan serta gaji yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan bekerja di toko toko biasa.

Jika kalian para lulusan fresh graduate dan berminat untuk melamar pekerjaan di Indomaret, alfamart dan beberapa perusahan ritel lainnya, pastikan kalian mencari informasi selengkapnya terlebih dahulu perihal lowongan pekerjaan di tempat tersebut. Umumnya Indomaret atau Alfamart akan menginformasikan lowongan pekerjaan dengan ditempelkan pada dinding atau dengan mencetak selebaran.

Jika kalian merasa telah memenuhi persyaratan yang mereka butuhkan, kalian persiapkan diri dengan membekali pengetahuan tentang tahapan tahapan tes masuk Indomaret atau Alfamart yang pastinya akan kalian jalani. Dimulai dari tahapan seleksi berkas dokumen, tes wawancara, tes tertulis yang mencakup psikotes dan data kelengkapan diri lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengenal dan mengetahui kepribadian serta menggali potensi kalian apakah cocok dan bertanggung jawab dengan pekerjaan yang akan kalian jalankan.

Umumnnya soal soal tes masuk Indomaret/ Alfamart yang diberikan sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Biasanya materi yang diujikan dalam soal tes masuk Indomaret/ Alfamart adalah hal –hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Misal, jika kalian mengajukan lamaran sebagai kasir maka, soal tes masuk Indomaret/ Alfamart yang diujikan tidak jauh dari hitung –hitungan dan angka, tambahan, pengurangan, perhitungan diskon, potongan harga, promo produk dan sejenisnya.

Jika kalian akan mengikuti tahapan tes masuk Indomaret atau Alfamart baik tes tertulis maupun wawancara di perusahaan ritel ini, silahkan kalian membaca dan mempelajari kisi-kisi dan pembahasan materinya secara lengkap di bawah ini.

Berapa lama masa training di Indomaret/ Alfamart?

Training untuk calon karyawan baru Indomaret umumnya dilaksanakan dalam waktu kurang lebih  9-14 hari. Pada masa-masa tersebut, kalian harus menunjukkan performa terbaik kalian dalam bekerja.

Kumpulan soal tes masuk Indomaret, Alfamart dan Kunci Jawabannya

Berikut adalah macam-macam pertanyaan yang di golongkan berdasarkan jenisnya yang harus kalian tahu untuk mengasah kemampuan dan berfikir sebelum proses ujian, yakni :

1. Soal Psikotes Antonim dan Sinonim

Ini adalah bentuk tes yang akan mengasah kemampuan mengingat kalian tentang berbagai persamaan kata (SINONIM) atau lawan kata (ANTONIM)

Contoh soal:
Soal psikotes sinonim, WANITA…

A.    Suami
B.    Istri
C.    Laki laki
D.    Adik
E.    Perempuan

Kunci jawabannya dan pembahasannya adalah :

Jawaban : E. Perempuan
Pembahasan : WANITA memiliki persamaan kata yang berarti PEREMPUAN

Di bawah ini ada 50 contoh soal untuk kalian pelajari. Kalian dapat menentukan sendiri apakah kelompok kata di bawah ini merupakan Sinonim/ Antonim
  1. Babak — Ronde 
  2. Nafkah — Mata Pencaharian
  3. Abstrak — Konkret
  4. Ambigu — Problematis
  5. Cerewet — Ceriwis
  6. Rangkuman — Ringkasan
  7. Dahaga — Haus
  8. Dahulu — Sekarang
  9. Abadi — Sementara
  10. Ceramah — Orasi
  11. Cita rasa — Selera
  12. Dermawan — Kikir
  13. Desas-desus — Kabar Angin
  14. Deportasi — Pengembalian
  15. Evolusi — Pertumbuhan
  16. Elastis — Kaku
  17. Ajaran — Doktrin
  18. Gemuruh – Deru
  19. Gemerlap — Gilang gemilang
  20. Homogen — Heterogen
  21. Hukum — Asas
  22. Isak — Sedu
  23. Impresif — Sederhana
  24. Cedekiawan — Intelektual
  25. Kontaminasi — Infeksi
  26. Jangkit — Merebakkan
  27. Jantung hati — Pujaan
  28. Jati diri — Identitas
  29. Karisma — Wibawa
  30. Lengang — Ramai
  31. Mahir — Terampil
  32. Menggeleng — Angguk
  33. Naluri — Intuisi
  34. Objektif — Subjektif
  35. Pegang — Lepas
  36. Pekerti — Tata susila
  37. Restorasi — Pembaharuan
  38. Sayembara — Festival
  39. Sekutu — Musuh
  40. Celaka — Selamat
  41. Selisih — Jarak
  42. Tamak — Besar perut
  43. Teka-teki — Misteri
  44. Teladan — Cermin
  45. Telak — Mutlak
  46. Ulang-alik — Mondar-mandir
  47. Jernih — Butek
  48. Berseri — Murung
  49. Cemerlang — Dungu
  50. Virtual — Maya

2. Contoh soal Psikotes Aritmatik

Psikotes Aritmatik adalah tes jenis matematika yang jawabannya berhubungan erat dengan pembagian, perkalian dan seterusnya.

Contoh soal:

1. 6 + 6 = ….
2. 6 x 4 = ….
3. 24 : 6 + 34 = ….
4. (5 x 7) + 21 = …..
5. (3.500 + 10.000) : 1.500 = ….

Kunci jawaban  dan penjelasannya:
Jawaban :
1.    12
2.    24
3.    38
4.    56
5.    9

Penjelasan  : Contoh soal di atas merupakan bentuk soal matematika yang paling sederhana. Tips mengerjakan soal secara cepat kalian hanya perlu fokus pada angka di dalam kurung sebagai prioritas pengerjaan. Jika kalian tidak menemukan simbol dalam kurung, kalian bisa mengelompokkan terlebih dahulu dan mulai mengerjakan soal dengan teliti. Umumnya soal yang keluar dalam tes masuk Indomaret tidak jauh dari bentuk soal seperti itu bahkan dengan angka yang lebih besar atau berderet lebih panjang.

3. Soal Psikotes Deret Angka

Soal tes masuk Indomaret/ Alfamart  tipe deret angka merupakan bentuk pertanyaan yang terlihat mudah tetapi bisa mengecoh kalian saat mengerjakannya. Pada tahap dan sesi psikotest deret angka  ini kalian membutuhkan konsentrasi tinggi dan keseriusan dalam menjawab setiap pertanyaan.

Contoh soal:
a). 3,6,9,12,15, …., …., ….,
b). 7,10,14,17,21 …., ….., ….,

Jawaban dan penjelasannya adalah :
Jawaban :
a)    18, 21, 24
b)    24, 28, 31

Penjelasan:
Kalian perlu menganalisis soal dan mencari tahu mengapa angka selanjutnya cocok, begitu juga dengan angka seterusnya. Untuk soal no. 1 kita bisa melihat untuk selisih dari angka pertama dengan yang kedua dan selanjutnya adalah 3. Maka setiap angka bisa di tambah dengan angka 3, sehingga akan menyusun berurutan seperti ini 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24.
soal tes masuk Indomaret Alfamart

Sedangkan soal no.2 untuk masing – masing angka memiliki selisih yakni di tambah 3 dan di tambah 4 secara berurutan. Maka hasilnya akan menjadi 7, 10, 14, 17, 21, 24, 28, 31. Untuk setiap pola bisa berubah – ubah tergantung soal. Bisa berupa soal pembagian, pengurangan, tambahan, perkalian bahkan digunakan secara acak. Untuk lebih jelasnya kalian bisa pelajari dari gambar di bawah ini:
soal tes masuk Indomaret Alfamart

4. Soal psikotes logika angka dan logika formil

Soal tes masuk Indomaret Alfamart ini adalah bentuk soal berupa pertanyaan logika. Kalian harus berlatih secara terus enerus agar dapat menguasai soal model seperti ini, agar peluang diterima menjadi lebih besar.

Contoh soal:

1) ¼ berbanding 3/5 adalah…
a. 1 berbanding 3
b. 3 berbanding 20
c. 3 berbanding 4
d. 5 berbanding 4
e. 5 berbanding 12

2)    Jika x berat total p kotak yang masing –masing beratnya q kg, dan y = berat total q kotak yang masing –masing beratnya p kg, maka…
a)    x > y
b)    x < y
c)    x dan y tak bisa di tentukan
d)    2x > 2y


3)    Jika sudut suatu segitiga adalah x, 2x, dan 3x derajat dan y = 30 derajat, maka….
a)    x > y
b)    x < y
c)    x dan y tak bisa di tentukan
d)    2x > 2y

Jawaban dan pembahasan adalah :

Jawaban :
1)    E
2)    C
3)    C

Penjelasan:
1. Tips pembagian pecahan adalah dengan membalik angka bilangan pecahan yang menjadi penyebut dan mengalikannya, dalam hal ini 3/5 maka dibalik menjadi 5/3. Maka soal 1/4 dibagi 3/5 akan sama dengan 1/4 dikalikan 5/3. Silahkan kalian lihat gambar agar lebih jelas
2. x dan y tak bisa di tentukan karena yang ditanyakan adalah y
3. x dan y tak bisa di tentukan karena yang ditanyakan adalah y  

5. Soal Psikotes Tes Pauli

Dilansir dari skoringpsikotes.com, Tes Pauli diciptakan dengan mengacu pada teori konvergensi dari William Stern bahwa Kepribadian sesungguhnya terbentuk dari bakat dan lingkungan. Tes Pauli diciptakan sebagai simulasi karena tes merupakan simulasi dari lingkungan. Meskipun tes Pauli banyak mengukur sikap kerja, namun tes Pauli tetap digolongkan tes kepribadian karena unsur yang paling kuat dalam tes Pauli adalah kemauan.

Kemauan merupakan unsur dari watak/ karakter/ kepribadian seseorang. Dan masalah kepribadian tidak lain adalah merupakan masalah dinamika motif. Prinsip utama dari tes Pauli adalah tiap manusia itu mampu belajar dan berlatih. Dalam tes Pauli yang dilihat adalah hasil karyanya yaitu : Performance = ability x motivation.


Tujuan Tes Pauli

Tes Pauli bertujuan untuk melihat hasil kerja yang dipengaruhi oleh: daya tahan, ketekunan, dan ketelitian.  Hasil kerja merupakan fungsi dari motivasi dan kemampuan.
  • Motivasi merupakan hasil dari niat dan kemauan.
  • Kemampuan merupakan kekuatan tindakan yang responsif berupa gerakan motorik, kegiatan intelektual, pengendalian diri secara umum, dan kemampuan untuk membedakan hal yang penting.

soal tes masuk Indomaret Alfamart
Tes Pauli

Baca juga: Tips Menghadapi Tes Buta Warna Bagi Penderita Buta Warna Parsial

Di dalam mengerjakan tes pauli ini kalian diperintahkan untuk menjumlahkan setiap dua angka yaitu dari angka 1 -9 dalam suatu kolom saja mulai dari kolom ujung kiri sampai dengan ujung kolom kanan di kertas. 

Kalian harus konsisten dalam menjumlahkan setiap angka tersebut. Walaupun terlihat sederhana , namun kalian harus berusaha supaya jumlah angka yang diproses adalah sama. Setiap soal tes Pauli adalah tes dimana jawabannya tersebut sebagian besar merupakan susunan atau bentuk yang sesuai dengan permintaan.


6. Soal psikotes menggambar/ Tes WARTEGG, 

Wartegg test merupakan cara bagi penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian calon karyawan dilihat dari cara menggambar dan apa yang digambar. Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi 8 (delapan) gambar menjadi gambar-gambar yang memiliki makna.


Tes Menggambar/ WARTEGG Test

Bentuk soal tes bergambar ini bisa beraneka ragam. Ada yang berupa gambar bebas dimana kalian diberikan kesempatan untuk berimajinasi. 

Umumnya, kalian akan diberikan deretan gambar seperti jenis – jenis diatas dan memilih mana kah yang cocok untuk menjadi pola gambar yang selanjutnya. Disini lah letak ketelitian kalian akan diuji.

Jika kalian menggambar urut sesuai nomer pada kotak, penguji akan menganggak kalian orang yang kaku dan konservatif, namun jika kalian mengerjakan secara acak, penguji akan menilai kalian merupakan orang yang tidak taat aturan,  Maka tips menghadapi tes menggambar WARTEGG seperti ini adalah dengan kombinasi urut dan acak, misalkan no. 1,2, 4 atau 3,4,6 dan sebagainya 


7. Soal psikotes perdana hubungan, 

Soal tes masuk Indomaret Alfamart jenis ini adalah jenis soal yang menyerupai butir-butir pertanyaan yang semua jawabannya adalah yang harus saling terkait satu sama lain:

Contoh soal:

A. Rumah Sakit : Pasien
Konservator : Seniman
Akademi : Taruna
Ruang pengadilan : Saksi
Perpustakaan : Peneliti

B. Jari : Tangan
Lidah : Hidung
Lutut : Siku
Perut : Dada
Kaki : Paha

C. Domba : Daging
Telur : Ayam
Setam Sampit
Sapi : Susu
Jentik : Nyamuk

Jawaban dan penjelasannya adalah :

Jawaban : 

a. Rumah Sakit : Pasien
Konservator : Seniman
Akademi : Taruna
Ruang pengadilan : Saksi
Perpustakaan : Peneliti

b. Jari : Tangan
Lidah : Hidung
Lutut : Siku
Perut : Dada
Kaki : Paha

c. Domba : Daging
Telur : Ayam
Setam : Sampit
Sapi : Susu
Jentik : Nyamuk


Penjelasan

Untuk soal soal ini kalian akan diuji ketelitiannya, karena pasangan kata pada masing masing soal bisa berbeda dari pasangan kata lainnya. Jadi kalian perlu untuk fokus dalam menghadapi soal seperti ini. Kuncinya kalian cari masing-masing pasangan kata yang mana kah yang mempunyai hubungan berbeda dengan keempat kata yang lainnya. Jika pilihan tersebut memiliki makna dan arti hubungan yang tidak sama dengan pasangan kata yang lainnya, sedangkan untuk setiap pasangan kata yang lain berhubungan. Maka, dipastikan kalian memilih jawaban yang benar.

Demikian uraian tentang Melamar kerja, tahapan tes dan kumpulan soal tes masuk Indomaret Alfamart. Apa yang Saya sampaikan di sini sifatnya terbatas, kalian tetap harus mencari dan memperkaya materi dari sumber sumber informasi lainnya. 

Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup sebelum menghadapi psikotes. Psikotes tidak mensyaratkan kalian untuk pandai dalam mengerjakan semua soal, tapi psikotes lebih menekankan pada ketelitian, kecermatan serta kecepatan kalian dalam mengerjakan soal, karena bagaimanapun psikotes dibatasi oleh waktu. Kerjakan semampu kalian dan jangan lupa untuk berdoa agar setiap langkah kalian dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kalian bisa membaca artikel saya tentang persyaratan kerja di Indomaret jika ingin mengetahui informasi persyaratan masuk kerja di Indomaret untuk berbagai posisi yang dibutuhkan.

Salam sukses,



Baca juga:
Melamar kerja, tahapan tes dan kumpulan soal tes masuk Indomaret Alfamart 2020 

11 Komentar

  1. Kak mau tanya apakah ada test buta warna saat test nanti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk posisi pramuniaga/kasir, teknisi dan bagian gudang dipersyaratkan tidak buta warna

      Hapus
  2. Thank you very much for the information that is very useful..Penyebab Keputihan Saat Hamil

    BalasHapus
  3. teknologi informasi paling lengkap sejagat raya

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bermanfaat, mampir juga bang xneet
    manseper
    kubayar

    BalasHapus
  5. Keren mas informasinya, semoga membantu para pencari pekerjaan
    Download Software Terbaru

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Jadi menambah wawasan tentang kisi-kisi melamar kerja, terima kasih tulisannya sangat membantu banyak orang. Harusnya memang para pelamar kerja di minimarket punya pengetahuan tentang tulisan ini, biar tidak kaget lagi waktu mengikuti interview dan test. Pencari Ilmu

    BalasHapus
  8. Melamar pekerjaan memang susah-susah gampang, mengingat ada beberapa proses yang harus dilalui, Mulai dari seleksi administrasi, tulis/psikotes, interview, test kesehatan, dan finally keputusan diterima atau ditolak.

    Artikel di atas sangat membantu sekali buat anda yang masih berstatus jobseeker, karena sebagian banyak dari beberapa psikotes yang tersebut di atas juga masih relevan digunakan oleh beberapa perusahaan besar, termasuk juga indomaret.

    Namun demikian, yang terpenting buat Anda pahami terlebih adalah bagaimana cara lolos seleksi administrasi

    BalasHapus
  9. Saat ini melamar kerja memang persaingannya sangat ketat, untuk itu kita harus bersaing dan mencari informasi yang lengkap, mencari informasi tentang tes untuk kerja seperti yang dibahas di blog ini. Informasi dapat membantu pencari kerja.

    Demikian juga untuk persaingan dunia usaha juga ketat sekali, salah satunya yaitu Jasa Pasang CCTV seperti CCTVKebumen juga persaingannya ketat.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak