Adab dan Do'a Sebelum Tidur, Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Adab sebelum tidur

Manusia memerlukan tidur setelah seharian berkutat dengan aktifitasnya. Dengan tidur maka organ-organ tubuh juga beristirahat, sel sel tubuh melakukan regenerasi, 

doa sebelum tidur
Doa sebelum tidur, foto via shutterstock
Baca juga:

Namun, sebelum kita tidur, kita dianjurkan untuk membaca do'a sebelum tidur, tujuannya tak lain untuk meminta perlindungan Allah Subhanallahu Wata'ala, karena tidur pada hakekatnya tidak berbeda dengan kematian.

Hadist riwayat Baihaqi,Thabrani dan Bazzar menyatakan “Tidur itu temannya mati”. Hal ini dikaitkan dengan kondisi di saat tidur, seluruh indra serta kesadaran manusia tidak berfungsi, alias sama dengan mati. Hanya jantung yang berdetak, hembusan napas, dan dan beberapa organ vital lainnya saja yang masih hidup.

Wudhlu sebelum tidur

Rasulullah menganjurkan kita untuk memanjatkan doa sebelum tidur ketika kita hendak beranjak tidur. Tidak hanya itu, kita dianjurkan untuk berwudhlu agar saat kita tidur tetap dalam keadaan suci.  

Sabda Rasulullah;

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا
“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Berdoa sebelum tidur

Bacaan doa sebelum tidur;


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ
Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur memiliki banyak sekali keutamaan. Dengan memanjatkan do'a sebelum tidur kita memasrahkan hidup kita dalam perlindungan Allah subhanahu wa ta’ala. Berikut ini beberapa keutamaan membaca doa sebelum tidur.

Terhindar dari mimpi buruk

Kita semua pasti pernah mengalami mimpi buruk ketika tidur, maka dengan membaca doa sebelum tidur akan menghindarkan kita dari mimpi buruk.

Mendapatkan tidur yang berkualitas

Dengan membaca doa sebelum tidur, hati dan perasaan kita tenang karena telah pasrah menyerahkan jiwa dan  ruh kita ke dalam perlindungan-Nya, sehingga tidur kita pun tenang, dan berkualitas, tidur dalam penjagaan-Nya

Tubuh tidak terpisah dengan ruh

Ada keyakinan di dalam agama Islam bahwa ketika seseorang tidur terlelap maka dia terpisah dari ruhnya. Namun atas kehendak Allah pula lah, maka Allah akan mengembalikan ruh ini sehingga kita bisa bangun kembali. Tetapi jika Allah menghendaki pula, maka tubuh serta ruh kita tidak akan bersatu kembali.

Inilah manfaat doa sebelum tidur, di mana doa akan menjaga agar  tubuh tidak terpisah dengan ruh. Kalaupun kemudian Allah berkehendak untuk tidak mengembalikan ruh ke dalam tubuh kita yang tengah tertidur, setidaknya kita meninggal dunia dalam kondisi mengingat Allah subhanahu wa ta’ala melalui doa yang kita panjatkan sebelumnya, serta dalam kondisi yang suci, karena kita telah berwudhlu sebelum kita tidur.


Meninggal dalam kondisi fitrah

Di atas telah disebutkan bahwa kita dianjurkan untuk berwudhlu sebelum tidur. Hal ini bukan tanpa alasan. Jika Allah menghendaki tubuh kita berpisah dengan ruh kita, maka tubuh kita dalam kondisi suci karena wudhlu kita.

Mengingat kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala

Apapun aktifitas yang kita lakukan, hendaklah kita selalu mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala, baik dengan dzikir maupun do'a yang kita panjatkan. Dari saat kita mengawali hari, hingga kita mengakhiiri aktifitas kita dengan beristirahat dan tidur, kita selalu dalam kondisi mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala

Belum ada Komentar untuk "Adab dan Do'a Sebelum Tidur, Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Jangan Pernah Membeli Ketika Anda Ditawari Promo Tebus Murah Indomaret Alfamart

Sekilas Anda melihat judul artikel ini terkesan provokatif. Ya, saya memang sedang memprovokasi Anda untuk tidak membeli produk yang sedang ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel